Tips -Tips Umroh Sesuai Sunnah dengan budget affordable

umrohhemat.net

Bagian dari PT. Wisata Halal Indonesia

Kemenag dan Saudi Kerja Sama Permudah Daftar Umroh Online

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) dan Arab Saudi bekerja sama untuk mempermudah daftar umroh online buat para jemaah, terkhusus dari Indonesia. Kedua pemerintahan ini sepakat menjalin kerja sama pemanfaatan Nusuk, aplikasi digital pionir Saudi yang digunakan untuk pendaftaran umroh.

Kerja sama ini dilakukan untuk menekan keberangkatan umroh backpacker. Tak bisa dimungkiri, umroh backpacker umumnya lebih murah daripada umroh dengan agen perjalanan. Namun itu tak sebanding dengan resikonya. Perjalanan ibadah jemaah jadi lebih beresiko karena bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Pemerintah pun biasanya tak mengetahui terkait perjalanan umroh yang sendiri tersebut.

Maka dari itu, Kemenag dan pemerintah Arab Saudi akan bikin kian mudah jemaah untuk daftar umroh online. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, bilang kalau kerja sama ini dilakukan demi melindungi jemaah Indonesia ketika beribadah ke Tanah Suci.

Kemenag dan Saudi Kerja Sama Permudah Daftar Umroh Online

“Saya meninjau aplikasi Nusuk untuk menjajaki kerja sama pemerintah Indonesia (dalam pemanfaatan aplikasi). Pemerintah Arab Saudi menggunakan Nusuk sebagai aplikasi untuk ibadah umrah,” kata Menteri Yaqut dikutip dari Antara usai kunjungan kerjanya ke Arab Saudi, Maret 2024 lalu.

Menteri Yaqut lebih lanjut mengatakan bahwa dirinya memanfaatkan kunjungannya ke negara Teluk tersebut untuk mempelajari peraturan mengenai umroh backpacker, ibadah yang dilakukan secara mandiri tanpa menggunakan layanan yang ditawarkan oleh agen perjalanan dan penyelenggara umroh. Makanya, daftar umroh online harus gencar dipermudah.

Dalam rapat dengan Komisi VIII DPR pada 18 Maret lalu, Menkeu menekankan perlunya merancang regulasi yang bisa menyesuaikan dengan semakin populernya umrah backpacker. “Regulasi tersebut diperlukan untuk menjamin kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan jemaah umrah Indonesia, termasuk yang memilih umrah mandiri,” jelasnya.

Daftar Umroh Online, Kamu Harus Tunjuk Agen atau Travel Resmi

Dalam daftar umroh online, penting untuk memilih travel atau agen perjalanan yang terpercaya dan berlisensi resmi. Agar perjalanan umroh dapat berjalan lancar dan aman, penting untuk bekerja sama dengan penyelenggara umroh yang berpengalaman dan memiliki izin resmi dari Kementerian Agama.

Kemenag sendiri sudah menyediakan website untuk jemaah mengecek agen atau travel resmi yang memiliki PPIU atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh. Kamu tinggal masuk ke lamat https://simpu.kemenag.go.id/home/cari lalu tulis nomor PPIU yang dipercayai.

Setelah semua proses itu dijalani, lantas apakah kamu bisa langsung berangkat ke Tanah Suci? Belum. Sebab, kamu tetap memiliki masa tunggu. Masa tunggu ini berkaitan dengan kuota yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi kepada setiap negara. Pemerintah Arab Saudi telah memberlakukan pembatasan jumlah jamaah umroh untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan para jamaah di Tanah Suci.

Nanun demikian, tenang saja kamu tak akan menunggu lama untuk berangkat umroh. Apalagu, ibadah umrohseperti yang diketahui tak hanya ada dalam bulan-bulan tertentu. Umroh dapat dilakukan sepanjang tahun, tidak terbatas pada bulan-bulan tertentu. Namun, ada beberapa periode yang disebut sebagai “musim umroh” yang umumnya memiliki permintaan yang lebih tinggi dan harga yang lebih mahal, seperti saat Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *